√ Resep Sayur Pepaya Muda Bumbu Kuning Ternikmat

Posted on

Resep Sayur Pepaya Muda Bumbu Kuning Ternikmat – Ketika bingung untuk hari esok mau masak apa, tiba-tiba terbesit keinginan membuat sayur pepaya muda dengan bumbu kuning yang pedas. Sekalian deh kita akan bagikan resepnya kepada sahabat resepindung.com.

Pepaya memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari pohon, daun, bunga, sampai buahnya baik yang sudah matang maupun yang belum matang. Tidak diragukan lagi khasiat pepaya matang yang sangat manjur untuk meredakan sembelit, melancarkan saluran pencernaan. Buah yang satu ini banyak mengandung nutrisi dan kaya akan vitamin C nya. Baik sekali dikonsumsi setiap hari.

Nah berbicara buah pepaya nih ternyata sayur buah pepaya yang masih pentil atau mengkel, masih berwarna putih dagingnya jika di kupas, bijinya pun berwarna putih bahkan belum ada bijinya, itu enak banget buat dijadikan sebagai tumisan atau sayur. Apalagi jika diolah dengan rasa yang pedas dengan bumbu kuning. Penasaran, langsung aja yuk intip resepnya berikut ini.

Resep Sayur Pepaya Muda Bumbu Kuning Ternikmat

Resep Sayur Pepaya Muda Bumbu Kuning Ternikmat

Tips sebelum memulai membuat menu masakan ini adalah cari buah yang masih segar. Sarannya sih jangan beli yang sudah diserutin, karena rasa dan kelezatannya itu beda banget dengan buah segar dadakan yang baru metik, terus diiris sendiri pakai pisau bukan serutan, iris tipis.

Bahan Yang Diperlukan:

  • 1 buah pepaya berukuran sedang atau secukupnya bisa juga setengahnya, iris tipis sesuai selera
  • 3 ruas lengkuas merah
  • 2 ruas kunyit
  • 3 lembar daun jeruk nipis
  • 2 lembar daun salam
  • 10 cabe merah
  • 15 cabe rawit merah
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah bawang merah
  • 2 buah kemiri
  • Gula
  • Garam
  • Penyedap rasa

bumbu kuning

Cara Memasak:

  •  Pertama kupas pepaya muda dan iris tipis sesuai selera. Cuci bersih dengan ditambahkan 3 sendok garam lalu diremas-remas supaya lemas dan tidak kaku. Kemudian cuci bersih, tiriskan.
  • Haluskan cabe merah 8 buah, cabe rawit 8 buah, bawang merah 3 buah, bawang putih 2 siung, kemiri 2 buah, kunyit, garam kasar secukupnya. Geprek lengkuas, iris semua sisa cabe dan tomat.
  • Panaskan minyak untuk menumis bumbu.
  • Masukkan irisan bawang, bumbu halus, tunggu sampai agak layu, masukkan lengkuas geprek, daun jeruk dan daun salam. Aduk sampai rata, tambahkan gula, air. Masukkan pepaya iris yang sudah ditiriskan, aduk beri air kurang lebih 150 ml. Diamkan sampai matang, aduk dan beri penyedap rasa.
  • Cicipi, jika dirasa kurang tambahkan gula atau garam sampai rasa benar-benar pas.
  • Angkat lalu sajikan.

Gimana bunda mudah banget kan? yang ribet cuma pas ngiris pepayanya, jika terburu-buru dan punya sedikit waktu, cara memasak pepaya ini tidak disarankan karena lumayan lama ngirisnya. Tapi hasil tidak akan bohong, rasanya lezat, nikmat, mantap. Menu makan spesial ga harus mewah, ga harus mahal, yang penting rasanya.

Yuk lah dicoba dulu Resep Sayur Pepaya Muda Bumbu Kuning Ternikmat ini, dijamin bikin selera makan jadi naik drastis, kalo rasanya berhasil enak ya. Hehe semoga sukses deh, selamat mencoba bunda 🙂